skip to Main Content
SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI OSS DI NATUNA

SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI OSS DI NATUNA

Ranai – Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik melalui aplikasi OSS ( Online Single Submission) www.oss.go.id, DPMPTSP Natuna selaku penyelenggara pelayanan perizinan di Kabupaten Natuna langsung menerapkan penggunaan aplikasi OSS untuk pelaku usaha dimanapun berada. Aplikasi OSS memberikan kemudahan pendaftaran perizinan berusaha untuk perusahaan berbadan  hukum (seperti PT, Yayasan, Koperasi) atau badan usaha (CV. atau Firma) termasuk juga pelaku usaha perseorangan (PO.) dan pelaku usaha mikro.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari sejak 20 – 21 Agustus 2019 bertempat di Aula Hotel Trend Central, dibuka secara resmi oleh Plt. Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Robertus Louis Stevenson.  Dalam sambutannya menyampaikan kemajuan teknologi hendaknya berdampak pada terwujudnya kemudahan pelayanan, tepat sasaran dan efisiensi, sehingga para pengguna jasa pengurusan perizinan dan non perizinan, diantaranya bagi para pelaku usaha dapat terus melanjutkan pada proses selanjutnya, seperti penerapan strategi pengembangan usaha yang akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

Selanjutnya Ketua Penyelenggara sekaligus Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Indra Joni melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan  pemahaman pelaku usaha, aparatur dan stakeholder perizinan dan non perizinan penanaman modal tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik melalui aplikasi OSS.

Dalam kesempatan ini, DPMPTSP Natuna mengundang Ir. Rizar Idomo Nazaroedin dan Ari Tjahyono, ST. sebagai narasumber dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Dalam pemaparannya, Ir. Rizar Idomo Nazaroedin menjelaskan diantaranya dasar hukum PTSP dan percepatan pelaksanaan berusaha, NSPK (Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria) perizinan berusaha serta produk yang diterbitkan yakni Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional. Dijelaskan pula oleh narasumber pedoman dalam penggunaan aplikasi OSS.

Sementara pada hari kedua pelaksanaan (21/09/2019) narasumber Ari Tjahyono, ST mengajak peserta untuk mempraktekkan secara aplikatif pengentrian data menggunakan aplikasi Online Single Submission. Htls

203 total views, 1 views today