skip to Main Content

LAPORAN PENGADUAN 2019

BULAN JANUARI 2019

Data Laporan

Uraian Laporan

Nomor01/DPMPTSP/I/2019
Tanggal Pengaduan10 Januari 2019
Sarana PengaduanSecara tidak langsung (Surat)
Substansi Pengaduan1. Keberadaan ternak ayam potong milik pelaku usaha yang diadukan telah menimbulkan keresahan warga sekitar dengan banyaknya lalat dan bau tidak sedap;
2. Dimohon untuk dilakukan peninjauan kembali terkait perizinan yang dikeluarkan yaitu SITU (Surat Izin Tempat Usaha) yang diterbitkan pada tanggal 13 Desember 2018
Penyelesaian PengaduanPenyelesaian Pengaduan berupa Teguran Pertama kepada Pelaku Usaha yang diadukan, dengan uraian sebagai berikut :
1. Menyediakan tempat untuk menampung sampah di luar maupun di dalam dan kemudian dibuang ke TPS;
2. Mengupayakan agar areal terjaga kebersihannya dengan cara melakukan pembersihan, penanaman tanaman pelindung dan penghias sekitar areal;
3. Menyediakan Alat untuk pemadam kebakaran / racun api yang standar;
4. Melakukan pengelolaan terhadap kotoran ayam yang dapat menimbulkan bau;
5. Menyediakan septic tank dan drainase yang standar dan terawat untuk tempat kotoran ayam dengan melakukan pemantauan dan pengelolaan secara berkala;
6. Membuat Izin Usaha Pendaftaran Usaha Peternakan;
7. Mengikuti persyaratan teknis berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 31 Tahun 2014 tentang pedoman Budidaya Ayam Pedaging dan Ayam Petelur Yang Baik.

Waktu Penyelesaian Pengaduan12 (dua belas) hari kerja
KeteranganLIHAT

BULAN FEBRUARI 2019

Data Laporan

Uraian Laporan

Nomor
Tanggal Pengaduan
Sarana
Pengaduan
Substansi
Pengaduan

NIHIL

Penyelesaian
Pengaduan
Waktu Penyelesaian
Pengaduan
Keterangan

BULAN MARET 2019

Data Laporan

Uraian Laporan

Nomor
Tanggal Pengaduan
Sarana
Pengaduan
Substansi
Pengaduan

NIHIL

Penyelesaian
Pengaduan
Waktu Penyelesaian
Pengaduan
Keterangan

BULAN APRIL 2019

Data Laporan

Uraian Laporan

Nomor
Tanggal Pengaduan
Sarana
Pengaduan
Substansi
Pengaduan

NIHIL

Penyelesaian
Pengaduan
Waktu Penyelesaian
Pengaduan
Keterangan

BULAN MEI 2019

Data Laporan

Uraian Laporan

Nomor
Tanggal Pengaduan
Sarana
Pengaduan
Substansi
Pengaduan

NIHIL

Penyelesaian
Pengaduan
Waktu Penyelesaian
Pengaduan
Keterangan

BULAN JUNI 2019

Data Laporan

Uraian Laporan

Nomor
Tanggal Pengaduan
Sarana
Pengaduan
Substansi
Pengaduan

NIHIL

Penyelesaian
Pengaduan
Waktu Penyelesaian
Pengaduan
Keterangan

BULAN JULI 2019

Data Laporan

Uraian Laporan

Nomor02/DPMPTSP/VII/2019
Tanggal Pengaduan24 Juli 2019
Sarana PengaduanPengaduan Tidak Langsung (Website)
Substansi PengaduanSalam Hormat kami dari PT. Berkah Sukses Sejati Mitra

Pengurusan IMB PT. Daya Mitra Telekomunikasi selaku provider beberapa Menara Telekomunikasi yang tersebar di beberapa titik di Kabupaten Natuna, sebelumnya kami telah menerima surat dari PTSP Kabupaten Natuna tentang masa berlaku IMB kami sudah habis seperti yang kami fahami dalam Peraturan Daerah Kabupaten Natuna Nomor 5 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Menara Telekomunikasi hanya berlaku selama 5 tahun, sementara bangunan kami rata-rata berdiri di tahun 2012 dan sebelumnya pada bulan Februari tahun 2018 kami datang ke Natuna untuk melakukan pengurusan perpanjangan IMB tetapi saat itu tidak dapat diproses dengan beberapa alasan yang kami tidak fahami sementara saat ini kami melihat Natuna masih sangat membutuhkan akses layanan telekomunikasi maka dari itu kami memohon kepada pihak Pemda untuk memberikan informasi kepada kami yang bisa menjadi acuan gerak kami untuk tindak lanjut proses IMB Menara kami sebagai legalitas kami dalam melayani masyarakat demi kerjasama yang baik dalam membangun Kabupaten Natuna. Terimakasih.

Mohon diinformasikan ke kami jika saat ini proses perpanjangan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menara Telekomunikasi telah bisa diproses agar status dan legalitas hukum menara kami di Natuna juga punya kejelasan. Terimakasih.
Penyelesaian PengaduanDALAM PROSES
Waktu Penyelesaian Pengaduan-
KeteranganLIHAT

BULAN AGUSTUS 2019

Data Laporan

Uraian Laporan

Nomor02/DPMPTSP/VII/2019
Tanggal Pengaduan24 Juli 2019
Sarana PengaduanPengaduan Tidak Langsung (Website)
Substansi PengaduanSalam Hormat kami dari PT. Berkah Sukses Sejati Mitra

Pengurusan IMB PT. Daya Mitra Telekomunikasi selaku provider beberapa Menara Telekomunikasi yang tersebar di beberapa titik di Kabupaten Natuna, sebelumnya kami telah menerima surat dari PTSP Kabupaten Natuna tentang masa berlaku IMB kami sudah habis seperti yang kami fahami dalam Peraturan Daerah Kabupaten Natuna Nomor 5 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Menara Telekomunikasi hanya berlaku selama 5 tahun, sementara bangunan kami rata-rata berdiri di tahun 2012 dan sebelumnya pada bulan Februari tahun 2018 kami datang ke Natuna untuk melakukan pengurusan perpanjangan IMB tetapi saat itu tidak dapat diproses dengan beberapa alasan yang kami tidak fahami sementara saat ini kami melihat Natuna masih sangat membutuhkan akses layanan telekomunikasi maka dari itu kami memohon kepada pihak Pemda untuk memberikan informasi kepada kami yang bisa menjadi acuan gerak kami untuk tindak lanjut proses IMB Menara kami sebagai legalitas kami dalam melayani masyarakat demi kerjasama yang baik dalam membangun Kabupaten Natuna. Terimakasih.

Mohon diinformasikan ke kami jika saat ini proses perpanjangan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menara Telekomunikasi telah bisa diproses agar status dan legalitas hukum menara kami di Natuna juga punya kejelasan. Terimakasih.
Penyelesaian PengaduanSehubungan dengan pengaduan pelayanan publik yang Saudara sampaikan dengan nomor pengaduan 02/DPMPTSP/VII/2019, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

1. Bahwa ketentuan mengenai masa berlaku IMB Menara Telekomunikasi mengacu pada peraturan dan ketentuan sebagai berikut :

1a. Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 18 Tahun 2009 Nomor : 07/Prt/M/2009; Nomor : 19/Per/M.Kominfo/03/2009; Nomor : 3/P/2009 tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Bersama Menara Telekomunikasi. Pada Pasal 12 Ayat (6) mengatur bahwa “Izin Mendirikan Bangunan menara berlaku tanpa batas waktu sepanjang tidak ada perubahan struktur atau perubahan konstruksi menara”.

1b. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor : 02/Per/M.Kominfo/03/2008 tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Bersama Menara Telekomunikasi tidak diatur mengenai masa berlaku IMB Menara Telekomunikasi.

1c. Peraturan Daerah Kabupaten Natuna Nomor 3 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung, mengatur bahwa :

Pasal 99
Dokumen IMB diberikan hanya 1 (satu) kali untuk setiap mendirikan bangunan gedung dalam proses pelaksanaan konstruksi , kecuali :
1.Adanya perubahan fungsi bangunan gedung;
2.Adanya perubahan rencana atas permintaan pemilik bangunan gedung; dan
3.Pengganti dokumen IMB yang hilang, terbakar, hanyut, atau rusak.

Pasal 106
1.Pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung meliputi pemeriksaan kelengkapan dokumen dan pemeriksaan/pengujian;
2.Menilai kelaikan fungsi bangunan gedung dari kelengkapan dokumen sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) meliputi:
2a.Dokumen pelaksanaan konstruksi, atau catatan pelaksanaan konstruksi, termasuk as-built drawings;
2b.Pedoman pengoperasian dan pemeliharaan bangunan gedung, peralatan serta perlengkapan mekanikal dan elektrikal bangunan gedung;
2c.Dokumen ikatan kerja;
2d.IMB;
2e.Dokumen status hak atas tanah; dan
2f.Sertifikat kepemilikan bangunan gedung.
3.Menilai kelaikan fungsi bangunan gedung dari pemenuhan persyaratan teknis dilakukan dengan :
3a.Pemeriksaan;
3b.Pengukuran; dan/atau
3c.Pengujian.

Pasal 109
Pemerintah kabupaten menerbitkan SLF bangunan gedung berdasarkan hasil pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung terhadap pemenuhan fungsi dan persyaratan teknis sesuai dengan ketentuan dalam IMB.

2. SLF bangunan gedung dapat diberikan :
a. Atas permintaan pemilik atau pengguna bangunan gedung pada saat selesai dibangun dan/atau setelah selesai masa berlakunya SLF bangunan gedung;
b. Adanya perubahan fungsi, perubahan beban, atau perubahan bentuk bangunan gedung;
c. Adanya rehabilitasi/renovasi kerusakan bangunan gedung akibat bencana seperti gempa bumi, tsunami, kebakaran, banjir dan/atau bencana lainnya; dan
d. Adanya laporan masyarakat terhadap bangunan gedung yang diindikasikan membahayakan keselamatan masyarakat dan lingkungan sekitarnya;
e. Peraturan Bupati Natuna Nomor 63 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan Bangunan Gedung Kabupaten Natuna, Pasal 47 mengatur “Masa berlaku Izin Mendirikan Bangunan adalah jika tidak ada kegiatan pembangunan setelah IMB terbit.”
f. Berdasarkan Uraian dari peraturan dan ketentuan tersebut diatas dapat disimpulkan :

1. Bahwa ketentuan dalam Pasal 30 Ayat (2) Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Menara Telekomunikasi yang mengatur bahwa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Menara Telekomunikasi berlaku selama 5 (lima) tahun, tidak sesuai dengan Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 18 Tahun 2009; Nomor : 07/Prt/M/2009; Nomor : 19/Per/M.Kominfo/03/2009; Nomor : 3/P/2009, tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Bersama Menara Telekomunikasi dan Peraturan Bupati Natuna Nomor 3 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung dan Peraturan Bupati Natuna Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung Kabupaten Natuna.

2. Bahwa untuk perpanjangan masa berlaku IMB Menara Tower mengacu pada ketentuan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Natuna Nomor 3 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung, dan Peraturan Bupati Natuna Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung Kabupaten Natuna, yaitu melalui penerbitan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).
Waktu Penyelesaian Pengaduan9 (Sembilan) hari kerja
KeteranganLIHAT

391 total views, 1 views today