PEMBERITAHUAN PELAKSANAAN PERIZINAN OSS (ONLINE SINGLE SUBMISSION)

Pemerintah pada tanggal 9 Juli 2018 melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah meresmikan penggunaan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS). Dalam peresmiannya dihadiri sejumlah menteri dan kepala lembaga terkait.

Saat ini, pelaksanaan OSS masih dibawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Nantinya, setelah semua persiapan matang, pelaksanaan OSS akan dilakukan sepenuhnya oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Pelaksanaan OSS wajib dilaksanakan berdasarkan peraturan yakni :

  1. Peraturan Presiden RI Nomor 94 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

DPMPTSP Kabupaten Natuna selaku penyelenggara PTSP di daerah mengacu pada regulasi tersebut diatas mewajibkan pelaku usaha untuk mengurus perizinannya melalui OSS yang dapat di akses pada situs https://oss.go.id.

Pelaku Usaha yang sudah melakukan aktivasi pada Sistem OSS akan diminta mengisi data-data yang digunakan untuk menerbitkan NIB atau Nomor Izin Berusaha. NIB wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha sebelum Izin Usaha dan Izin Komersial/Operasional dikeluarkannya. Lebih lengkap tentang penjelasan Izin Usaha dan Izin Komersial/Operasional terdapat pada PP No. 24 Tahun 2018. htls

Bahan penjelasan : https://www.investindonesia.go.id/id/panduan-berinvestasi/prosedur

70 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *